Cara Memperoleh Hosting dan Domain - Situs Atom

Cara Memperoleh Hosting dan Domain

ADS
banner
Alamat Web? Bagaimana Cara Memperolehnya?
    Hal Pertama yang harus anda lakukan saat membuat website sendiri adalah memperoleh nama domain anda sendiri. sebuah domain adalah nama yang ingin anda berikan untuk website yang anda buat. Sebagai contoh, salah satu nama domain website "facebook.com"

      Untuk memperoleh nama domain, anda harus membayar biaya sewa tahunan sebagai hak penggunaan nama tersebut. Mengapa harus menyewa?

      Ingat, nama website itu harus unik dan hanya satu-satunya di internet. Jika ada 2 orang memiliki nama domain yang sama, maka orang pasti akan bingung mana website punya anda dan mana website yang dimiliki oleh orang lain. Jadi, di seluruh internet, anda pasti hanya akan menemukan satu website seperti yang dimisalkan "facebook.com"

      Sebelum anda berfikir macam-macam, perlu diingatkan bahwa memiliki nama domain bukan berarti anda sudah memiliki sebuah website. Belum!

      Ingat, nama domain ini hanyalah sebuah nama. seperti anda mendaftarkan ijin usaha sebuah PT atau CV dalam dunia nyata. Memiliki ijin usaha ini bukan berarti anda memiliki toko atau gudangnya kan?, untuk memiliki tokonya, anda perlu menyewa web hosting.

Web Hosting, Tempat Menyimpan File-file Kita

      
         Secara umum, ada 2 pilihan untuk membuat website kita bisa tampil di internet: menggunakan hosting gratisan atau berbayar.

Jika anda pernah membuat blog memakai blogspot atau wordpress, maka anda sudah menggunakan hosting gratisan. Tentu saja ada hosting gratisan lain yang menyediakan fleksibilitas lebih tinggi dalam mengatur website yang ingin kita tampilkan.

Ada banyak alasan seseorang memilih web hosting gratis, antara lain karena baru mulai coba-coba, belum siap mengeluarkan uang atau sudah merasa cukup dengan fitur yang ada di hosting gratis.

Web hosting 000webhost.com merupakan salah satu penyedia hosting gratisan yang cukup terkenal dan sudah support PHP maupun MySQL.

Lalu, Apa perbedaan yang gratis dan berbayar?

Perbedaan nya sangat bervariasi tergantung fitur yang disediakan oleh masing-masing, namun demikian secara umum, perbedaan utamanya adalah:
  • Layanan yang diberikan
  • Fitur yang ada (misalkan Fantastico, cpanel, dll hanya ada di web hosting berbayar)
  • Jaminan kualitas yang lebih baik pada layanan hosting berbayar
Tentu saja tidak selalu demikian, karena ada juga web hosting gratis yang cukup bagus.

Tetapi, jika kita serius dalam menjalankan web kita, pada akhirnya kita akan memerlukan layanan hosting berbayar karena kita memang akan memerlukan jaminan pelayanan terutama saat ada problem di hosting kita.

Anda bisa menggunakan layanan hosting gratis di awal dan pindah ke layanan hosting berbayar jika memang sekiranya sudah memerlukan hal tersebut.

Namun demikian, tulisan kali ini difokuskan pada cara menggunakan hosting berbayar untuk membuat web kita tampil di internet.

Jangan lupa untuk membandingkan layanan hosting antara masing-masing provider hosting untuk menentukan mana yang paling cocok untuk anda.


Dan ini lah langkah-langkah praktis memilih domain dan hosting:
  • Pertama-tama anda harus memilih web hosting yang baik
  • Tentukan nama domain yang anda inginkan, paling baik jika menggunakan ekstension.com. Umumnya pada web hosting provider sudah menyediakan layanan untuk registrasi nama domain juga. Proses pemilihan nama domain ini bisa sangat menyulitkan, karena biasanya nama domain yang bagus sudah disewa oleh orang lain. Berikut beberapa tips dalam memilih nama domain jika sudah terlebih dahulu di klaim oleh orang lain:
                     1. Coba cari alternatif nama domain dengan 2-3 kata.
                     2. Anda bisa juga meenggunakan variasi kata-kata disambung langsung atau                                             dipisahkan dengan tanda "-".
  • Berikutnya memilih paket hosting yang pas untuk website kita. untuk tahap awal pilih paket yang paling kecil saja. Jangan khawatir, kita bisa upgrade ke paket yang lebih besar seiring dengan perkembangan trafik di website kita.
  • Langkah berikutnya memilih lokasi server jika memungkinkan. Beberapa hosting provider memberikan pilihan untuk memilih lokasi server di USA, Singapore atau Indonesia. Tentukan pilihan berdasarkan target Visitor yang anda tuju. 
  • Setelah selesai, lakukan pemesanan. Lanjutkan dengan melakukan pembayaran. Pembayaran untuk hosting di Indonesia biasanya dilakukan via transfer bank atau Paypal.
  • Setelah melakukan pembayaran, maka kita tinggal menunggu 2-3 hari agar nama domain kita menyebar di internet.
Maka, proses sewa nama domain dan web hosting sudah selesai, Semoga bermanfaat :)

Sumber: salah satu buku Tentang Bahasa Pemrograman Web (Buku Sakti)


EmoticonEmoticon