5 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Ganti Blogspot ke Domain TLD - Situs Atom

5 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Ganti Blogspot ke Domain TLD

ADS
banner
  Domain TLD seperti (.com, .net, .info) merupakan domain Tingkat atas yang pastinya diinginkan oleh para kalangan blogger, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan berpindah ke domain TLD.

Tapi apakah kalian tahu? bahwa setelah kita berganti ke domain TLD ada beberapa yang harus kita lakukan.

Ini bertujuan agar kita bisa lebih mengoptimasi blog/web TLD baru kita untuk mendaftarkan visitor lebih ataupun mempertahankan visitor yang sudah ada.

       Lalu apa manfaat kita mengganti blog kita dengan domain TLD, sebenarnya banyak manfaat yang kita dapat dengan mengganti domain ke TLD, bisa di baca:


Kalian bisa membeli domain TLD ini di beberapa penyedia hosting indonesia dengan harga bervariasi bergantung pada domain TLD apa yang akan dipakai.

Lalu berapa lama domain TLD ini aktif? 

Ada beberapa narasumber yang mengatakan bahwa proses pengaktifan domain ini berjalan sekitar 1x24 jam, baru domain bisa digunakan dengan semestinya.

Tetapi, yang saya dapati berbeda! proses pengaktifan domain ini berjalan dalam hitungan menit! tidak sampai satu jam, domain sudah aktif.

Sebenarnya bisa lebih cepat, jika penyedia layanan hosting tidak sedang dalam masa perbaikan. dan saya pun cukup heran karena yang saya dapati dari beberapa narasumber proses pengaktifan domain akan berjalan 1x24 jam.

Jadi kesimpulan untuk pengaktifan domain ini, jika tidak ada kesalahan teknis atau hal lain nya. Proses pengaktifan domain akan berjalan dengan cepat! tanpa perlu menunggu! walaupun ada dalam beberapa kasus harus menunggu (1x24 jam).

Kita langsung masuk saja kepada topik bahasan, jika kalian sudah berhasil mengaktifkan domain TLD ini maka ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

1. Submit URL Baru ke Google Search Console

    Google Search Console dulu bernama Google Webmaster tools, merupakan tools yang disediakan google untuk para web developer atau web owner untuk mengembangkan webnya.
Bukan hanya itu, dengan kita submit url di search console banyak kemudahan yang di dapat, seperti mengetahui jumlah backlink, analisa trafik, dll.

Untuk mengetahui apa saja manfaat dan cara submit URL baru ke Google Search Console. bisa baca di:


2. Submit URL baru ke Search Engine Google


         Cara ini bisa dikerjakan ketika  sudah menyelesaikan tahap nomor pertama di atas, ketika selesai mendaftarkan URL baru kita di search console, maka kita bisa mulai submit artikel agar cepat teridex di google.

Bagi kalian yang sudah sering menggunakan fitur ini, pasti tidak asing bukan dengan yang namanya fitur "fetch as google/ ambil sebagai google".

Fitur ini mempermudah url baru agar lebih cepat terindex di google, jadi url lama bisa lebih cepat diganti dengan url baru kita.

Sebenarnya tidak menjadi masalah bila tidak mendaftarkan url baru ke search engine google, karena url lama akan langsung redirect ke url baru kita.

Akan tetapi, kita tidak bisa memonitor url baru dengan cepat. pastinya perlu waktu yang cukup lama agar url baru blog di index oleh google, memang url kita pasti di index oleh google.

Tetapi dengan submit url baru blog, maka proses monitor url baru tersebut akan lebih cepat dan dapat kita lihat di search console.

Untuk mengetahui cara Submit url ke search engine google ini, kalian bisa baca:


3. Submit Sitemap Baru

      Apa itu Sitemap? Sitemap bila dialih bahasakan adalah peta situs, yang secara singkat yaitu informasi suatu situs dan mengenai url-url yang ada dalam situs.

Bisa diartikan juga untuk mengetahui tipe informasi apa saja yang ada dalam suatu situs, yang bisa kita artikan untuk mengetahui label-label apa saja yang ada di blog/web kita.

Tidak hanya untuk mengetahui url dan informasi, tetapi ada juga informasi berupa metadata, yang dimana berfungsi untuk mengetahui kapan blog terakhir di update, seberapa sering blog di update, dan sebagainya.

Lalu apa manfaat kita submit sitemap ini?

Salah satu manfaatnya adalah url kita akan lebih cepat bersaing di google, karena robot.txt situs kita akan merayapi url-url yang ada di blog kita.
Tentu bersaing bukan berarti akan masuk page one, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa masuk ke page one, bisa kalian baca di:


Keuntungan yang lain dengan kita submit sitemap juga, kita bisa tahu jika url blog kita ada yang error. 

biasanya ada error seperti ini yang terjadi pada sitemap, karena ketidak singkronan antara url blog yang dahulu dan yang sekarang.

Mengerti Gambar di atas?

Jika tidak mengerti akan saya jelaskan, error tersebut terjadi pada sitemap dahulu yang berada pada search console url blog lama.

hebatnya sitemap yang dahulu mendeteksi perubahan url situs, tetapi ada sesuatu yang salah yaitu https, sedangkan url situs baru yang ini tanpa https, sehingga error pun akan terjadi.

Darimana https tersebut berasal?

https tersebut berasal dari url blog lama yang memakai blogspot, url tersebut memakai SSL, sedangkan url blog ini tidak, sehingga terjadilah error url blog baru dengan memakai https.
url baru blog ini, saat ini tidak bisa dibuka dengan https karena tidak memakai SSL, jika tidak percaya silahkan buka sendiri, kecuali jika suatu saat nanti blog ini memakai SSL baru url dengan https dapat dibuka.

Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? untuk itulah postingan ini dibuat yaitu dengan submit url blog baru ke search console (Poin 1), maka url blog baru akan mengikuti yaitu dengan http://.

Sehingga kesalahan dengan https:// tidak perlu dianggap serius karena hanya terjadi pada search console url blog lama.

Untuk mengatasi atau meneguhkan posisi url blog baru, yaitu dengan submit url blog baru ke search engine beserta dengan url baru artikel-artikelnya (poin 2).

karena saya belum pernah memberi tahu cara pasang sitemap, maka saya akan jabarkan disini:
  • Masuk Ke Search Console atau klik link ini
  • Pilih Situs dengan Url baru kamu yang baru saja dibuat
  • Masuk Ke Tab>Crawl>Sitemaps
  • Pilih Add/Test Sitemaps

  • Tambahkan sitemap.xml atau atom.xml, atau kedua-duanya juga boleh ditambahkan.
  • Lakukan test terlebih dahulu untuk mengetahui keberhasilan
  • Atau Langsung Submit saja jika sudah yakin
  • Refresh Halaman
  • Selesai
Biasanya Pending indexed akan memakan waktu paling lama 24 jam, dan setelah itu akan muncul data berwarna oranye berupa url indexed.

Tetapi yang perlu diketahui bahwa jika baru melakukan perpindahan url baru, walau sudah 24 jam data akan berbentuk strip, karena masih masa adaptasi dan masih masa perayapan ke search engine.

4. Sering Update Artikel

       Update Artikel ini berguna untuk membuat atau memberitahu kepada google atau search engine lain nya,  jika di ibaratkan, blog kita mengatakan pada google "i'm here".

karena sitemap mengandung metadata yang bisa mengetahui seberapa sering kita update artikel, maka semakin cepat kita update artikel maka semakin bagus yang membuat artikel kita lebih cepat dirayapi oleh robot google.

Tetapi walau kalian tidak sering update artikel, itu bukan berarti artikel kalian tidak akan di index oleh google, tetapi akan memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan yang sering update artikel.

Sering update artikel bukan berarti juga, artikel kalian akan masuk halaman satu google. agar masuk halaman satu google ada beberapa cara yang bisa dilakukan, bisa baca di:


5. Submit URL Blog Baru ke Google Analytics

      Dengan kita submit blog kita, ke google analytics, banyak hal menguntungkan yang bisa didapatkan seperti mengetahui lalu lintas trafik, berapa orang yang online di situs kita, memakai desktop atau mobile kah visitor kita, itu semua bisa diketahui dengan memakai google analytics.

Banyak hal yang bisa didapatkan dengan kita memakai google analytics, terlebih lagi itu semua bisa di monitoring memakai handphone, karena adanya app google analytics yang berbasis android.

Karena saya belum pernah membagikan cara submit di google analytics, maka saya akan membagikan nya kali ini:
  • Login ke Google Analytics dengan akun google anda, atau klik Link ini
  • Lalu Klik Pendaftaran
  •  Isi Semua form yang ada, scroll ke bawah dan klik "Dapatkan ID Pelacakan"
  • Lalu Pilih "saya setuju"
  •  Copy kan kode yang disediakan, pastekan setelah kode <head> di template blog anda
  •  Selesai
Kita bisa langsung melakukan monitoring terhadap blog kita, tapi biasanya ada beberapa fitur yang belum bisa dilihat (fitur seperti pageview dan visitor), biasanya 1 hari kemudian data tersebut bermunculan.

 Lalu kenapa disarankan untuk mendaftarkan url blog baru? sebenarnya analytics bisa mengetahui bahwa data-data url blog baru kita.

Tetapi demi mencegah hal yang tidak diinginkan ada baiknya kita mendaftarkan analytics dengan url blog baru, dan caranya cukup mudah bisa menggunakan cara di atas kembali dengan email baru, atau seperti ini:
  • Masuk ke Tab Admin di google analytics (gambar gerigi)
  • Klik Properti > Buat Properti Baru
  • Lalu akan mengulan seperti cara di atas, seperti mengisi form
  • Lalu Copy kan kode yang disediakan kembali
  • Paste setelah kode <head> di template anda
  • Selesai
ya itulah beberapa hal yang perlu dilakukan setelah ganti domain blogspot ke TLD, semoga bermanfaat:)

Image By : Freepik

14 komentar

Mantaps gan, ane jadi tau soalnya temen ane ada yang nanyain, thanks gan

Sangat bermanfaat buat ane yang mau ganti tld, btw thank infonya.

Wah jadi pengen ganti ke TLD

Mantep gan infonya..jadi pengen pindah TLD

5 Hal itu wajib dilakukan ya gan.

Mantap dah

iya gan, kalau mau url baru nya cepat bersaing :)

Untuk pindah ke domain tld memang butuh strategi :)

Konten semakin komprehensif dan menyajikan apa yang dicari pembaca. Hebat kang, patut saya contoh :)

Bagaimana dengan Artikel lama Apakah perlu di submit ulang ke GWT atau tidak ?

Sebenarnya submit ulang itu difungsikan untuk lebih cepat terindex dan dikenali oleh search engine lain nya.

Tidak masalah walau tidak submit ulang, pastinya artikel tersebut akan diindex oleh search engine dan menggantikan posisi pada blog/web di domain sebelumnya, hanya saja proses pengindexan akan memakan waktu lebih lama dibanding yang submit ulang


EmoticonEmoticon