Manfaat atau Alasan Kenapa Harus Ganti Domain ke TLD - Situs Atom

Manfaat atau Alasan Kenapa Harus Ganti Domain ke TLD

ADS
banner
   Halo sobat dimanapun kalian berada, ini merupakan postingan pertama blog ini setelah awalnya bernama siklusatom.blogspot.com menjadi situsatom.com, ada banyak hal yang mendasari dari perubahan domain ini, yang pastinya akan dijelaskan di postingan kali ini.

Postingan kali ini akan membahas tentang alasan atau manfaat kenapa harus ganti domain ke TLD, tetapi sebelum masuk kepada topik intinya, saya akan menjelaskan tentang domain TLD terlebih dahulu.


Apa itu Domain TLD, sebenarnya tidak perlu menyebutkan kata domain TLD, karena TLD saja sudah cukup. TLD merupakan singkatan dari (Top Level Domain) Jika dialih bahasakan yaitu domain tingkat atas.

TLD ini sering dipakai suatu situs untuk mengembangkan bisnis mereka (bergantung pada TLD yang dipakai), karena dengan memakai TLD maka orang-orang akan lebih yakin dengan suatu situs.


TLD sendiri merupakan bentuk ektensi dari suatu nama domain, ada pula beberapa contoh TLD yang populer, yaitu:
  • .com
  • .net
  • .org
  • .info
  • .biz
Misalkan http://situsatom.com, situsatom.com merupakan nama domain nya dan ekstensi domainnya yaitu TLD, .com. yang ektensi tersebut diawali dengan (.) atau dot.

Lalu misalkan ada beberapa web, misalkan saja blog.situsatom.com, itu merupakan sub domain dari domain situsatom.com, yang berarti blog.situsatom.com merupakan bagian domain dari situsatom.com.

Kemudian, TLD pun dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
  • gTLD
  • ccTLD
1. gTLD

gTLD merupakan singkatan dari (Global Top Level Domain) yang berarti domain tersebut bersifat global dan bisa dimiliki oleh siapa saja, karena sifatnya global tidak ada syarat khusus untuk memiliki gTLD ini, hanya perlu biaya sewa untuk menyewa domain tersebut dalam kurun waktu tertentu

2. ccTLD

ccTLD merupakan singkatan dari (Country Code Top Level Domain) yang berati mengacu pada suatu negara, tidak bisa semua orang mendapatkan domain ini, karena adanya beberapa syarat administrasi yang harus dipenuhi.

Contohnya di Indonesia domain ini bisa dibeli dengan menyertakan salah satu syaratnya yaitu KTP, jika tidak memiliki KTP maka tidak bisa membeli domain ini, adapun ccTLD di Indonesia adaah (.id) yang biasanya digunakan untuk personal dan Institusi.



Gambar di atas diambil dari dotcomforme.com. yang dari survey gambar di atas didapatkan bahwa TLD .com memang merajai domain tipe TLD laina  nya dengan perbedaan angka yang cukup jauh juga, dengan persentase di atas 50%!

Oke mari kita kembali ke topik bahasan nya apa itu manfaat atau alasanya para blogger yang awalnya berupa namadomain.blogspot.com harus menjadi namadomain.com.atau TLD lain nya, yuk simak:

1
Lebih Professional



     Tidak bisa dipungkiri menggunakan nama domain TLD menjadikan sebuah web lebih professional, semisalkan kalian ingin membeli suatu barang di online shop.

Mana Online Shop yang akan kamu pilih?

Online Shop dengan domain TLD atau online dengan sub domain. blogspot.com (jika ada), sudah jelas bukan? online shop dengan domain TLD lebih menjanjikan.

Jadi untuk kalian yang ingin lebih professional situsnya dan ingin mengembangkan situs tersebut ada baiknya untuk berpindah atau mengganti nya ke domain TLD.

2
Lebih Mudah Di ingat



   Kalau yang ini sudah jelas bukan? sebagai contohnya namadomain.blogspot.com, dengan namadomain.com mana yang lebih mudah untuk diingat? tentunya yang nama domain.com karena lebih simple.

3
Lebih Semangat Update Artikel



       Dengan kita mengganti domain ke domain TLD kita bisa lebih semangat update artikel dan optimasi situs kita, karena kita pastinya sudah mengeluarkan kocek bukan? karena kocek tersebut sudah keluar, mau tidak mau kita harus memanfaatkan domain TLD kita, agar kocek yang kita keluarkan tidak terbuang sia-sia.

Karena tidak mau kocek sia-sia tidak hanya artikel kita saja yang terus di update, tetapi banyak hal seperti optimasi situs. semakin sering melakukan promosi ke situs sosial networking ataupun menambahkan widget untuk menunjang promosi.



4
Menaikkan harga jual



       Walaupun tidak berniat menjualnya tetapi secara tidak langsung ataupun langsung, harga jual dari situs pun akan bertambah jika kita menggunakan domain TLD, karena situs tersebut dirasa lebih professional daripada situs yang menggunakan sub domain, yang domain nya bukan milik kita.


5
Lebih Profitable




Ini juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan agar cepat-cepat ganti domain ke TLD, karena domain TLD lebih profitable.

Kenapa? karena ada beberapa penyedia layanan iklan lebih memilih situs yang sudah menggunakan TLD, ketimbang situs yang masih menggunakan sub domain. Karena situs yang menggunakan TLD lebih dirasa serius dan lebih profesional.

Juga ada yang tidak kalah penting soal profitable ini, yaitu Publisher Google Adsense!

Dimana setelah kalian mengganti domain ke TLD, maka adsense kalian bisa diubah yang awalnya Hosted menjadi Non Hosted, banyak sekali keuntungan nya dari Non Hosted ini, salah satunya iklan bisa ditayangkan di situs apapun.

Berbeda halnya dengan Hosted, Hosted adsense hanya bisa memasang iklan hanya di mitranya saja, seperti adsense blog ataupun adsense youtube untuk youtube.




6
Meningkatkan Rasa Optimis



      Optimis pun pasti akan meningkat, karena kita mengganti domain ke TLD, ya karena blog kita sudah bisa mudah diingat lebih professional lebih profitable dan lain-lain.
Karena itu ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika kita mengganti domain ke TLD, manfaat itu lebih besar saya rasa daripada sewa tahunan yang hanya sekitar 100rban/tahun untuk domain gTLD.


Ya tetap saja keberlangsungan situs TLD untuk memperpanjang sewa di tahun berikutnya, adalah dari seberapa bisanya kita memaksimalkan potensi TLD di tahun awal. Jika kita berhasil maka sewa domain lagi di tahun berikutnya bukanah sebuah masalah.


Adapun hal-hal yang biasanya disebut-sebut sebagai efek negatif dari mengubah domain ke TLD ini, yaitu:

1. Berkurangnya Visitor

     Saya rasa hal yang satu ini tidak benar, karena kita melakukan redirect url secara langsung dan ketika url lama kita di klik maka akan langsung redirect ke domain baru.
Tetapi saya tidak tahu, jika itu memang berpengaruh pada kedudukan rank kita pencarian google, jika selama proses itu memang ada penurunan rank di pencarian google maka itu memang berpengaruh.

Tetapi harusnya hal itu tidak akan berlangsung lama dan kembali pada kedudukan semula. Tetapi sejauh ini yang saya dapati sama sekali tidak ada penurunan rank di pencarian google.

Terkecuali jika kalian salah dalam proses mengganti url blog ke domain TLD ini, kalian tidak mengikuti instruksi yang benar yang disediakan penyedia hosting, maka hal itu bisa saja berpengaruh yang menyebabkan blog kalian blank atau tidak ter redirect secara otomatis.

Perlu yang kalian ketahui bahwa blog/situs ini berhasil mengubah domain ke TLD hanya dalam hitungan menit, tidak sampai satu jam bahkan bisa lebih cepat!

2. Rank di Alexa Tidak Ada

     Kalau hal ini memang iya, tetapi lebih tepatnya rank alexa kita mulai kembali dari awal seperti situs yang baru lahir.

Tetapi bedanya, situs kita akan cepat mendapatkan posisi yang lebih ramping, karena visitor sudah didapatkan sebelumnya dan rank alexa lebih cepat kembali ke posisi yang semula, bahkan bisa lebih ramping!


Picture By: Freepik

5 komentar

muantap sangat bermanffat info dari artikel mas, dan selamat sudah upgrade ke domain TLD mas..
Ditunggu kehadirannya intenet-baik.blogspot.com

wah ternyata
harus punya domain kalau mau bersaing

Mantap gan infonya kebetulan blog ane belum punya domain sendiri nih https://oneblogku.blogspot.com/

Mantep gan infona ..jadi pengeb coba


EmoticonEmoticon