Penjelasan Lengkap Search Engine Beserta Fungsi dan Manfaatnya [All In One] - Situs Atom

Penjelasan Lengkap Search Engine Beserta Fungsi dan Manfaatnya [All In One]

ADS
banner
Search Engine/Mesin Pencari merupakan hal yang pastinya kita perlukan saat menjelajahi internet, karena memberikan banyak kemudahan.

Entahlah jika di internet ini tidak ada yang namanya search engine, tidak bisa dibayangkan. Karena kita harus mengecek satu per satu sebuah web dan itupun jika webnya sudah terkenal, jika tidak? tidak bisa dibayangkan banyak sekali web-web kecil yang tidak bisa berkembang.

Web besar saat ini pun jika tidak ada search engine, belum tentu sebesar ini karena kebanyakan dari web besar pastinya menggunakan search engine untuk mempopulerkan webnya.

Sebelum masuk kepada hal yang jauh tentang search engine, kita akan bahas dulu apa definisi dari search engine:

Apa Itu Search Engine?
     Search Engine adalah sebuah program yang digunakan untuk mencari suatu Hal (Artikel/dokumen,dll) dengan kata kunci tertentu, dan menampilkan daftar artikel/dokumen yang didapat dengan kata kunci tertentu tersebut.

Sebenarnya sangat umum sekali search engine ini, tetapi sekarang ini lebih di khaskan pada suatu web pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Web Pencari tersebut bisa membuat para penggunanya mencari artikel/dokumen di seluruh internet.

Daftar dokumen yang ditampilkan pun bukan hanya sebatas artikel bisa saja itu video, musik, gambar, dll. yang tentunya bisa kita dapatkan dengan mengetikan suatu kata kunci pada search engine.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

 Pastinya bertanya-tanya bukan, bagaimana cara search engine bekerja? sehingga hasilnya akan menentukan SERP(Search engine result page).

Cara Kerjanya yang pertama kali search engine memiliki crawler, dimana crawler ini dikirimkan untuk mengambil sebuah dokumen/artikel (gambar, film,dll) dan dikirimkan kepada indexer, Indexer ini akan mengindex dan menaruh dokumen di suatu halaman pada SERP.

Proses crawler terus terjadi dan berfungsi untuk menerjemahkan keseluruhan dari informasi yang ada pada suatu dokumen lalu dikirimkan ke index, tetapi jika tanpa katalis/pemicu maka proses tersebut akan berjalan lambat.

Pemicu disini adalah link, dimana link yang menjadi pemicu bersifat "dofollow" dan akan terus mempercepat proses penerjemahan dari suatu dokumen.

Bisa dikatakan link dofollow memberikan suatu arahan untuk crawler agar mempercepat proses penerjemahan dokumen.

Tetapi Link ini pastinya memiliki kualitas, semakin tinggi kualitas suatu link maka semakin cepat juga proses dari penerjemahan suatu dokumen.

Ada Contoh kasusnya?

Ya seperti web-web besar misalkan (Viva, kompasiana, dll) akan cepat terindeks dan diterjemahkan, saya pernah publish suatu artikel di kompasiana dan dalam selang waktu beberapa menit kemudian, artikel saya sudah berada di page one!.

Kenapa itu bisa terjadi?
     Alasan nya salah satunya seperti yang saya sebutkan di atas karena link yang dimiliki oleh kompasiana cukup banyak dan mungkin juga berkualitas.

Sehingga proses penerjemahan terhadap dokumen nya cukup cepat, sehingga pengindeksan posisi SERP pun akan lebih cepat.

Tetapi yang perlu diingat SERP terlebih lagi page one juga bukan hanya mengandalkan link tetapi masih banyak faktor yang lain, karena artikel saya memang berada pada persaingan yang relatif mudah maka cepat masuk page one!

Bagaimana dengan Blog baru?
  Blog baru sangat sulit untuk bersaing walaupun memiliki artikel yang berkualitas, terkecuali keyword dengan persaingan kecil.

Bukan hanya bersaing blog baru tidak bisa terindex dengan cepat, karena itu search engine seperti google memberikan suatu tools bernama search console.

Dimana search console ini berfungsi untuk kita submit artikel dan crawler google yaitu googlebot akan mengambil artikel kita dan melakukan indeks lalu meletakkan di SERP.

Untuk caranya bisa dibaca di:



Ya posisi SERP juga dipengaruhi oleh suatu link, maka beberapa banyak kasus ada suatu artikel yang lebih bagus kalah dengan artikel yang biasa-biasa saja.

Itu karena proses penerjemahan terhadap artikel belum selesai sepenuhnya, tetapi porsi peran link pun tergantung pada algoritma yang diterapkan pada search engine, yang perlu diingat peran link akan terus berlaku tapi besar kontribusinya tergantung pada algoritma yang berlaku.

Untuk lebih jelasnya tentang cara kerja dari search engine, bisa diliat di video di bawah ini:


Apa Saja Contoh Search Engine?
    Karena kita sedang membahas search engine dalam bentuk web search engine, maka contoh untuk search engine itu, seperti:

  • Google
  • Bing
  • Yahoo
  • Baidu
  • dll
1. Google Search
     Google search atau google web search merupakan web search yang dikembangkan oleh perusahaan google, dan saat ini merupakan search engine yang paling banyak dipakai di internet.

Google menangani lebih dari 3 miliar search setiap hari, pada Februari 2016 google merupakan search engine yang paling banyak dipakai dengan 64% menguasai pasar search engine. (Wikipedia)


2. Bing Search 
     Bing adalah search engine yang dimiliki dan dioperasikan oleh microsoft, bing merupakan pelayanan search engine pengganti microsoft sebelumnya, yaitu: MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search.

Bing Memberikan Beragam pencarian seperti: video, images, web, dll. yang dikembangkan dengan ASP.NET

Web: Bing.com

3. Yahoo Search
    Yahoo search merupakan search engine yang dimiliki oleh perusahaan yahoo, bermarkas di Sunnyvale, California. Pada Februari 2015 yahoo search menjadi search engine ketiga terbanyak dipakai dengan persentase 12.8% setelah google dan bing.

     
4. Baidu
     Baidu adalah pelayan web di china yang bermarkas di kampus baidu beralamat di Beijing Haidian Distrik.

Baidu menawarkan banyak pelayanan, termasuk mesin pencari untuk website, audio dan gambar. Baidu menawarkan 57 search dan komuniti termasuk Baidu Bike, dan juga forum diskusi yang berdasarkan data pencarian.

Web: Baidu.com
       
Ada cukup banyak search engine yang beredar di internet saat ini dan contoh di atas adalah beberapa contoh saja.

Yang Manakah Searh Engine Paling Banyak Dipakai?
     Search Engine menurut data dari Netmarketshare yang memiliki kepopuleran tertinggi atau banyak dipakai, yaitu:

Dekstop:
ya itu adalah data pengguna dekstop terhadap search engine yang dipakai (Pada Juli 2017), dimana google masih memegang kendali dengan angka 81.12%, disusul beberapa search engine besar seperti:
Bing, Baidu, dan Yahoo.

Data ini sering berbeda satu sama lain, terlebih lagi beberapa sumber menyatakan berbeda antara data bing, baidu, dan yahoo.


Lalu Bagaimana dengan data Mobile dan Tablet?


Ya itu adalah data untuk versi mobile dan tablet yang masih diambil dari sumber yang sama, dimana google sangat dominan dengan angka 96.38%.

Tetapi posisi kedua berada pada tangan Yahoo disusul oleh Bing, Baidu, dan beberapa search engine lain nya.

Ya bisa disimpulkan bahwa google selaku search engine masih tetap dominan dan malah persentasenya terus bertambah dari waktu ke waktu.

Berapa kali search yang dilakukan setiap harinya?
     Melalui laman dari internetlivestats didapatkan data untuk google saja sekitar 5.349.110.400 setiap harinya dan terus bertambah seiring bertambah pengguna internet dan bertambah persentase google search engine juga.

ada tambahan data tentang pertambahan nilai volume search untuk google dari tahun ke tahun
Ketika Google pertama kali didirikan pada september 1998, awalnya melayani 10 ribu kueri kepada para penggunanya per hari (Jumlah yang sama pada akhir tahun 2006 disetiap detiknya).

Pada September 1999, google sudah melayani 3,5 juta kueri di setiap harinya, pada pertengahan tahun 2000 nilainya bertambah lebih dari 5 kalinya yaitu sekitar 18 juta kueri setiap harinya.

Ketika Google mengumumkan IPO pada tahun 2004, Tercatat ada lebih dari 200 juta kueri yang dicari menurut data yang didapat dari pengguna di seluruh dunia pada setiap harinya.

Pada Agustus 2012, Amit Singhal, Selaku Wakil Ketua Direktur Senior pada pengembangan google search, mengungkapkan bahwa search engine menemukan 30 triliun unik URL pada web, merayapi 20 miliar situs setiap hari, dan memproses 100 miliar search setiap bulan nya.


Apa Fungsi Dari Search Engine?


Fungsi dari search engine ini sebenarnya sudah cukup dijelaskan di atas yaitu tentang crawling dan indexing, tapi ada beberapa poin tambahan jadi saya jelaskan kembali dan informasi didapatkan dari web Techwalla:

1. Crawling/Merayapi
        Crawler atau web spider, adalah bagian komponen inti dari search engine. Crawling dibutuhkan untuk memilah-milah apa yang ada di internet, yaitu untuk menemukan alamat website dan konten yang ada di website tersebut, untuk disimpan di database search engine.

Crawler bisa mendeteksi informasi yang ada di internet, bisa informasi data lama ataupun data baru. Crawler memiliki kemampuan untuk mencari data dalam skala luas pada suatu website dan mendapatkan banyak informasi dalam jumlah yang besar secara serentak.

Karena itulah bisa saja crawler ini mendeteksi seluruh informasi yang ada di suatu website hanya dengan hitungan jam dan itupun bergantung pada banyak faktor.

Crawler ini akan merayapi dokumen untuk menemukan informasi sampai tidak ada lagi yang bisa didapat, termasuk internal ataupun external link.

2. Indexing
    Proses Indexing/pengindekan ini terjadi setelah suatu dokumen dirayapi, proses indexing dokumen ini berdasarkan pada kata kunci/kata-kata yang ada di dalam suatu dokumen tertentu (proses indexing pertama kali pasti judul dari dokumen).

Proses indexing pastinya memudahkan, jika dimana kita mencari pada search engine dengan kata kunci tertentu dan menemukan hasil yang relevan dengan sangat mudah.

Pada indexing pertama kali pastinya data tidak berhasil dirayapi seluruhnya dan banyak data yang di eleminasi, 

Untuk apa dieleminasi?

Data tersebut dieleminasi agar cepat terindeks di search engine dan cepat di akses oleh para pencari informasi, dan yang pasti diindeks pertama adalah judul, karena pada permulaan indexing judul akan disesuaikan pada keyword yang sama.

Tetapi untuk jangka waktu yang panjang (bergantung pada banyak faktor), karena ada proses crawling terus menerus dan indexing pun terus diperbaharui, konten yang memiliki kualitas yang tinggi akan unggul dibanding yang lain dan mendapatkan posisi yang lebih baik.

Karena itu terkadang kita saat mencari dengan keyword tertentu, tetapi judul yang muncul tidak sesuai dengan keyword.

Itu bukan karena search engine yang salah, tetapi memang dokumen/artikel tersebut mencakup apa yang anda cari dan lebih lengkap daripada artikel dengan judul yang sama dengan keyword yang ada di bawahnya.

Ya algoritma juga berlaku pada search engine, jadi banyak faktor juga yang menentukan suatu artikel untuk bisa masuk halaman satu, terlebih lagi pada kata kunci yang sulit.

3. Storage
       Storage itu seperti tempat untuk mengideks sesuatu, jadi ini berfungsi sebagai tempat indexing sekaligus untuk mempercepat dan mempermudah proses searching.

Semakin besar storage maka semakin besar juga daya tampungnya, search engine seperti google, bing, yahoo, dan baidu pastinya memiliki storage yang besar, sehingga bisa menampung banyak daftar dan dokumen dari suatu website.

4. Hasil
    Hasil ini berupa suatu hyperlink/link yang ada pada halaman search engine, yang menghubungkan dengan situs yang lain.

Ketika kita mengetikkan suatu keyword pastinya akan nampak hasil data dan kita sering menemukan data yang relevand dengan apa yang kita cari.

Kenapa bisa begitu?

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas itu terjadi karena algoritma yang diberlakukan search engine, algoritma berfungsi untuk memberikan data kepada para pencari berupa data dalam bentuk link yang paling relevan dengan apa yang dicari.


ya itulah fungsinya dan pastinya masih banyak lagi yang tidak kita ketahui, karena proses linked yang ada di search engine dilakukan dengan hati-hati dan mungkin saja prosesnya lebih kompleks dari apa yang kita bayangkan.


Apa Manfaat Dari Search Engine?


Jika berbicara tentang manfaat dari search engine, saya sendiri akan membaginya menjadi dua bagian, yaitu:
  • Manfaat Bagi Para Pencari Informasi (Visitor)
  • Manfaat Bagi Web Owner/blogger
Manfaat Bagi Para Pencari Informasi

1. Mudahnya Mendapatkan Informasi
         ya ini pastinya manfaat yang sangat nyata, karena dengan mengetikan sesuatu, list yang ditampilkan relevan dengan apa yang kita cari.

Jika kita tidak tahu misalkan website olahraga, ataupun website lain nya yang membahas suatu hal, kita bisa gunakan search engine untuk mempermudah pencarian.

Ya apapun websitenya seperti:
  • Website berita
  • Website fakta unik
  • Website makanan
  • Website tentang blog
  • dll
Semuanya pasti bisa ditemukan di search engine, karena search engine terhubung dengan kesemua website tersebut, asalkan web tersebut mengizinkan pencarian dari search engine, lalu web tersebut tidak terkena penalti dari search engine.

Misalkan kita hanya mengetikan "Website Berita" pasti hasilnya akan relevan, bisa dilihat:


Benar bukan? seperti yang kita tahu okezone dan kompas salah satu portal berita terbesar di indonesia, jadi search engine akan menampilkan data yang relevan dengan apa yang kita cari dan tidak hanya sebatas judul saja.

2.  Mudahnya Mendapatkan Dokumen/artikel Terbaik
        Seiring dengan algoritma yang terus diperbaharui oleh search engine, pastinya search engine akan memilih dokumen mana yang terbaik daripada yang lain nya.

sayang bukan? artikel bagus tapi disimpan di tempat yang sulit dijangkau, pihak search engine pun pastinya akan terus melakukan pembaruan pada sistemnya demi memuaskan para pengunjungnya.

Karena itu juga merupakan dari suatu bisnis, jika hasil yang ditampilkan kurang memuaskan maka bisa saja malah pengunjung pada kabur dan berganti ke search engine lain nya yang lebih baik.


3. Mudahnya Mencari File dalam bentuk yang spesifik
      Ya kita bisa mencari file dalam format yang spesifik seperti pdf, docx, dll. Mungkin diantara kita ada yang kurang yakin dengan informasi yang diberikan oleh sebuah website.

Karena itu banyak juga yang ingin mencari jurnal-jurnal dan kebanyakan jurnal itu berbentuk pdf, search engine bisa mencari dokumen dalam bentuk pdf, hanya dengan menambahkan "pdf" pada kata kuncinya, contohnya:


Ya mudah bukan? datanya pun berbentuk pdf dan jika kita klik bisa terdownload ataupun terbuka sebagai pdf dan dibaca oleh browser.


4. Keteraturan
     Ya ini merupakan poin tambahan juga, karena ada search engine maka internet lebih teratur dan mudah untuk diakses, serta juga bisa menghemat waktu kita dalam mencari apa yang kita cari.

Tentunya keteraturan yang dimaksud juga adalah pencarian yang berdasarkan keyword dengan hasil yang relevan sehingga kita puas dengan kinerja dari search engine ini.


Manfaat Bagi Pemilik Web/Web Owner

1. Sumber Trafik
      Yap search engine bukan menjadi rahasia lagi, bisa menjadi sumber trafik jangka panjang untuk website, dan banyak para pemilik web ingin mendapatkan trafik dari search engine ini.

Ya banyak sekali keuntungan dari trafik search engine/organik ini, bisa saja visitor dari trafik di search engine menjadi visitor tetapi di website kita.

Tetapi agar mendapat trafik di search engine ada hal yang harus kita lakukan, ya SEO yang didalamnya paling penting adalah kualitas artikel.

untuk memulai belajar tentang SEO bisa memulai dari artikel saya, yaitu:


2. Sumber Pendapatan
       Sumber pendapatan sebenarnya hanya mengikuti dari trafik saja, semakin banyak trafik maka sumber pendapatan bagi suatu web akan semakin besar.

Tapi ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pendapatan seperti: menaruh unit iklan yang bisa dijangkau oleh pembaca, ataupun mengetasi pengguna adblock.

pengguna adblock adalah salah satu hal yang menyebabkan berkurangnya pendapatan suatu blog, karena itu perlu diatasi bisa dibaca di artikel saya di:


3. Mengembangkan Website
    Ya search engine bisa menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan website, ketika visitor sudah banyak kita dapatkan dari search engine, maka banyak visitor pastinya yang mendapatkan suatu informasi dari web kita.

Ketika web sudah dikenal, maka visitor tahu jenis apa website kita dan apa saja jenis informasi yang ada di dalamnya.

Karena itu perlunya membangun niche yang baik dan membangun konten yang berkualitas, agar bisa menunjang teknik SEO yang lain. Untuk cara menentukan niche bisa dibaca di:


Ya mengembangkan website melalui search engine ini memang harus membangun teknik SEO dulu, baru kita bisa mendapatkan suatu yang nyata.

Memang tidak ada cara lain?
Cara lain tetap ada, yaitu melakukan promosi di jejaring sosial tapi biasanya sifatnya tidak kontinu dan hanya pada saat itu saja berbeda dengan trafik organik asli berdasarkan SEO.

Ada juga cara dengan menggunakan jaringan periklanan tetapi harus memakai modal besar, ketika kalian tidak punya modal, SEO lah jalan terbaik.

ada data seperti di bawah ini:

Itu adalah klik dari trafik organik vs dan dari trafik berbayar (iklan), yang dimana hasilnya trafik organik cukup unggul jauh.

Karena itu melakukan SEO sebenarnya cara yang terbaik, karena bisa menjadi trafik jangka panjang sekaligus mengembangkan website yang kita miliki.


Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat:)
Picture by: Freepik

11 komentar

bermanfaat sekali gan! Artikelny keren!

Terima kasih atas penjelasan yang sangat terperinci mengenai fungsi dan manfaat dari search engine. Dapat wawasan lagi nih!!!

Menunggu orang Indonesia bikin search engine sendiri. Bisakah?

mantap gan, lgkap bget post ttg search enginenya. tx ya

oh jadi seperti itu yah,, bermanfaat sekali artikelnya wajib di coba nih

oenting banget tuh buat blog agar terindex di search angine, selain bing dan google ada yandex juga.

sudah ada gan, silakan searching :)

kapan punya gua bisa di page one.hehehe ngarep.com

sabar gan artikel berkualitas pasti masuk page one


EmoticonEmoticon