Pengertian Artikel dan Manfaat Artikel Bagi Pembaca - Situs Atom

Pengertian Artikel dan Manfaat Artikel Bagi Pembaca

ADS
banner
Jika mendengar soal artikel apa yang terbesit dibenak kalian? pastinya tulisan-tulisan, bacaan-bacaan atau yang lain sebagainya.

Lalu bagaimana jika dikaitkan dengan kegiatan blogging? Jika dikaitkan dengan blogging artikel adalah peran yang paling penting dalam kegiatan blogging. 

Kenapa? karena artikel adalah jantung dari blog itu sendiri, tidak ada artikel mustahil blog bisa sukses, tanpa artikel blog pasti sepi karena sama sekali tak ada informasi di dalamnya.

Karena itu kegiatan blogging salah satunya adalah menekankan pada penulisan artikel, tentunya semakin bagus dan berkualitas nilainya pun akan semakin tinggi.

Tetapi kali ini tidak akan membahas cara membuat artikel yang berkualitas, tetapi lebih kepada pengertian dan manfaat artikel itu sendiri, yuk simak!


Pengertian Artikel

   Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. (Wikipedia)

Ya secara singkat bisa diartikan bacaan yang di dalamnya terdapat informasi-informasi yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Artikel menurut isinya bermacam-macam seperti:
  • Sejarah
  • Humor
  • Hasil Penilitian
  • Cerita Pribadi
  • Tutorial Melakukan Sesuatu
  • Argumentasi
  • Petualangan
  • dll
Bahkan yang sedang kalian baca ini, adalah artikel itu sendiri. Jadi sebenarnya banyak sekali jenis artikel yang pada intinya artikel itu adalah "suatu bacaan". Lalu kita akan beralih kepada manfaat artikel bagi para pembaca


Manfaat Artikel Bagi Pembaca


1. Menambah Wawasan dan Ilmu

     Artikel jika dibaca pastinya akan menambah wawasan dan ilmu bagi pembaca, karena itu penulis harus memberikan informasi yang baik kepada pembaca.

Informasi tersebut harus benar-benar informasi secara lengkap yang memang masih berhubungan dengan konteks yang sedang dibahas.

Pembaca akan merasa berterimakasih dan menghemat waktu mereka, karena keseluruhan isi dan penjelasan yang dibutuhkan telah ada pada artikel tersebut.


2. Pengisi Waktu Luang

      Ketika Pembaca memiliki waktu luang, tak jarang para pembaca yang lebih memilih membaca artikel-artikel di internet.

Kebanyakan dari mereka membaca artikel seperti:

  • Berita Publik
  • Berita Olahraga
  • Seputar Hobby
  • Artikel Humor
  • dll
Tentunya pembaca ingin mendapatkan artikel yang berkualitas agar waktu luang nya tidak terbuang sia-sia.


3. Hiburan

     Para Pembaca pastinya akan merasakan penak dalam kegiatan sehari-hari dan untuk mengembalikan mood tersebut, biasanya pembaca melihat website humor.

Artikel humor dan gambar humor bisa membuat kita melupakan sejenak tentang kegiatan penak sehari-hari dan mulai untuk menghadapi kegiatan sehari-hari dengan mood yang baru.


4. Sumber Referensi Tugas

      Tugas-tugas adalah hal yang sering kita hadapi tidak terkecuali siapapun manusianya, pembaca mencari referensi website yang pastinya sesuai dengan isi tugasnya.

Biasanya para pembaca membaca jurnal-jurnal yang memang sudah jelas keaslian nya, ataupun membaca website-website yang lain nya sebagai bahan tambahan.

Perlu diperhatikan kepada para pembaca agar mencari referensi untuk tugas yang memang bisa dipertanggung jawabkan keaslian nya. Bisa melihat jurnal-jurnal ataupun ke website Wikipedia.


5. Menambah Minat Membaca

       Semakin kita banyak membaca artikel, maka secara tidak disadari sebenarnya kita juga semakin berminat untuk membaca.

Ya memang kebanyakan artikel terutama yang ada di internet ini dan memiliki bahasan yang cukup panjang, biasanya tidak dibaca sepenuhnya.

Kenapa?

Karena minat kita untuk membaca kurang, padahal bisa saja artikel yang panjang itu memiliki informasi-informasi yang kita butuhkan saat itu, sayang bukan?

Janganlah malas-malas untuk membaca karena bisa saja yang penting malah tidak terbaca dan terlewat begitu saja.

Lalu Bagaimana mengatasinya?

Mulailah membaca pada artikel-artikel pendek (karena bahasan nya tidak terlalu banyak) dan ketika minat membaca sudah cukup tinggi, barulah membaca artikel-artikel yang panjang.

Sebenarnya ada 2 faktor yang menyebabkan pembaca malas membaca:
  • Malas
  • Kurang Menarik bacaan nya.
Malas sudah tidak perlu dijelaskan lagi, tapi jika bacaan nya kurang menarik pasti ada kesalahan saaat pembuatan artikel tersebut.

Kesalahan nya bisa berupa:
  • EYD yang kurang dicermati
  • Terlalu kaku bahasanya
  • Tidak menambahkan gambar
  • Struktur Teks Kurang bagus (Paragraf, perataaan teks, dll)
Jika kesalahan memang berupa hal-hal di atas, maka penulis dituntut untuk memperbaiki artikel tersebut, sehingga bacaan nya lebih menarik.


Terimakasih telah membaca artikel ini, jika ada saran bisa diutarakan di kolom komentar, terimakasih:)

4 komentar

oke gan thanks
jadi nambah semangat buat baca sama bikin artikel

Nice info. btw kalo artikel termasuk karangan terikat apa karangan bebas?

Memang kadangpada lupa Tentang penjelasan artikel. Makasih banyak mas

artikel itu sifatnya sangat general gan, bisa kedua-duanya :)


EmoticonEmoticon