Cara Mudah dan Cepat Agar Website/Blog Tampil Di Halaman Pertama Google! - Situs Atom

Cara Mudah dan Cepat Agar Website/Blog Tampil Di Halaman Pertama Google!

ADS
banner
Halo teman-teman bagaimana kabarnya hari ini? pada sehat semua kan? kali ini saya mau membagikan sesuatu yang menarik nih buat kalian yang susah masuk page one, artikel kali ini bisa menjadi solusi!.

Cara ini bisa dilakukan bagi kalian yang baru ngeblog, karena blog baru itu lebih sulit masuk page one, kenapa? Google atau search engine lain masih belum kenal!

Postingan kali ini benar-benar berdasarkan pada pengalaman saya yang dimana berhasil menempatkan beberapa artikel di page one google.

Cara ini tidak hanya untuk para blogger baru, tapi bisa untuk kalian yang sudah lama ngeblog tapi tidak dapat juga visitor organik dari search engine seperti google.

Di postingan kali ini akan diajarkan step by step bagaimana kita bisa masuk page one google, dengan waktu yang relatif cepat.

Kenapa Bisa Cepat?

Karena kita akan menggunakan beberapa rencana dan ini berdasarkan pada pengalaman yang saya punya, dan sangat memungkinkan untuk diterapkan kepada kalian.

Kenapa Perlu Rencana?

Sekarang ini gesekatan dengan kompetitor sangatlah ketat, karena itu kita perlu sebuah rencana untuk unggul dari kompetitor.

Rencana itu ada yang berhasil dan ada yang gagal. Karena itu ketika rencana sudah dibuat dan dalam prosesnya harus tetap di kontrol agar bisa sesuai dengan rencana awal.

Perubahan rencana pun biasanya dibutuhkan, jika memang hasilnya agak melenceng dari apa yang diharapkan.

Lalu bagaimana dengan beberapa orang yang katanya tidak tahu menahu tentang SEO tapi bisa masuk halaman satu google?

Kenapa Bisa Begitu?

Ya memang mungkin mereka tidak tahu menahu tentang rencana, tetapi bisa jadi secara tidak sengaja mereka malah menerapkan salah satu tentang SEO. siapa yang tahu bukan?

Atau mungkin saja mereka itu memang blogger terdahulu, yang memang saat itu persaingan di antara para blogger/web owner tidak terlalu ketat.

Oke, jadi kesimpulan nya, saat ini kita perlu rencana untuk website/blog kita tampil di halaman pertama google.

Sebagai bukti saya akan menunjukkan hasil dari apa yang saya terapkan.


Itu adalah artikel blog saya yang masuk halaman pertama google, langsung dua artikel di kata kunci "manfaat artikel".

Sebenarnya masih banyak lagi dan cukup berada posisi yang bagus di halaman pertama google. bisa kalian cek sendiri seperti "situs download tercepat" "web seperti kumpulbagi" dan masih banyak lagi.

Oke sudah penasaran bukan? baiklah ini caranya!

Riset Keyword & Cek Persaingan Keyword [Step 1]


         Kenapa saya gabungkan riset keyword & cek persaingan keyword? ya itu karena saling berhubungan satu sama lain. tetapi untuk yang pertama saya akan jelaskan adalah tentang riset keyword.

Apa itu Keyword?
    Keyword atau jika di alih bahasakan yaitu kata kunci, yaitu kalimat atau kata yang digunakan dan diketikkan pengunjung search engine (ex:google, bing, baidu, dll), Untuk mencari sesuatu hal yang ada di search engine.

Untuk contohnya, seperti :

  • Manfaat Artikel
  • Harga Hp Samsung
  • Cara Melakukan SEO yang baik dan benar
  • dll
Orang-orang mengetikkan keyword di search engine untuk menemukan sesuatu atau menanyakan sesuatu dan search engine akan memberikan hasil yang paling relevan dari apa yang dicari pengunjung tersebut.

Kenapa bisa relevan? itu tidak lepas dari algoritma yang berlaku di search engine dan tentunya prosesnya tidak semudah yang kita perkirakan, untuk lebih jelasnya kalian bisa cek artikel saya:


Kenapa Butuh Riset Keyword?
       Riset Keyword sangat dibutuhkan sebagai penunjang SEO juga, kalian inginkan blog bisa tampil di halaman pertama google dan mendapatkan trafik organik darisana juga?.

Kalau begitu riset keyword adalah cara yang cukup tepat untuk kalian dan juga jika dinikmati caranya cukup menyenangkan.

Sebelum melakukan riset keyword ada beberapa hal yang diperhatikan, seperti:

  • Niche Blog Kalian
  • Cara Untuk Melakukan Riset
Untuk Niche blog, jika blog kalian bukanlah blog gado-gado maka ini perlu dilakukan, maka tentukanlah kata kunci yang memang sesuai niche blog.

Sebagai contoh, jika niche blog kalian adalah tentang hewan peliharaan, maka carilah seperti:
  • Cara Merawat Kucing Peliharaan
  • Makanan Terbaik Untuk Kucing Peliharaan
  • Hewan Peliharaan Lucu
Tentukanlah keyword yang sesuai, tapi kalian saya rasa sudah mengerti itukan? kalau begitu kita langsung masuk kepada cara melakukan riset

Cara Riset Keyword
     Bagaimana melakukan riset keyword? ada dua cara yang biasa dilakukan, yaitu:
  • Keyword Auto Suggestion Search Engine
  • Melalui Tool
Search Engine Auto Suggest
Untuk yang melalui search engine memang sangat mudah, cukup mengetikkan sedikit kata kunci dan kata kunci yang disarankan pun bisa terlihat.

Cara yang cukup mudah untuk dilakukan, hanya dengan berkunjung di search engine dan mengetikkan beberapa kata kunci, maka kata kunci yang disarankan akan keluar.

Itu memang bisa dilakukan, tapi masih banyak kekurangan nya seperti:
  • Tidak tahu berapa volume pencarian
  • Tidak tahu tingkat persaingan
Ya sebenarnya masih banyak kekurangan nya lagi, seperti tidak efisien, dll. Tetapi ada juga keuntungan nya.

Yaitu kita bebas melakukan berapa kalipun kita ingin melakukan riset, tidak seperti cara yang selanjutnya dengan menggunakan tool.

Jika ingin hasil yang lebih optimal kita harus membeli/menyewa tool tersebut, karena banyak penyedia tool riset keyword ini, memberikan batasan pemakaian per hari.

Jadi search auto suggest keuntungan nya yaitu gratis, tetapi jika ingin hasil yang optimal maka gunakan cara kedua, yaitu menggunakan tool

Tool Untuk Riset Keyword
       Menggunakan tool adalah cara terbaik bagi kalian yang ingin melakukan riset keyword, karena melakukan tool memang lah cara yang saya rasa profesional, adapun keuntungan seperti:
  • Mengetahui Volume Pencarian
  • Mendapatkan Kata Kunci Terkait/ Suggestion
  • Mengetahui nilai CPC
  • Mengetahui Tingkat Persaingan Keyword
Untuk Toolsnya bisa kalian gunakan:

  • Kwfinder
  • Ahrefs tool
  • Semrush
  • Moz Keyword Explorer
Lalu Bagaimana Risetnya?

Bagaimana jika riset seperti cara di atas? ya saya rasa itu cara yang memang pada umumnya dilakukan dan saya rasa juga tidak terlalu salah untuk dilakukan.

Karena cara pada gambar di atas memang sah-sah saja dan bisa untuk coba kalian lakukan, tetapi....

  Bagaimana Jika Kesulitan Mendapatkan Ide?

Yep kadang-kadang kita pun kesulitan untuk mendapatkan ide keywordnya, karena itu sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan.

  Contohnya menggunakan tool keywordtool.io.

Kita cukup memikirkan apa niche blog kita, misalkan "hewan peliharaan". tambahkan saja sedikit keyword seperti "hewan peliharan lucu".

Situsatom.com

  Menggunakan Keyword.io keuntungan nya adalah gratis walaupun tidak menyediakan volume search dan nilai CPCnya.


Karena kita akan menggunakan tool yang lain untuk mengetahui volume search ataupun nilai CPC, dan juga melihat tingkat persaingan keywordnya.

Untuk hasil "Hewan Peliharaan lucu" didapatkan keyword suggestion sekitar 31, dan kalian bisa pilih salah satu untuk dimasukkan ke tool yang lain.

Tentunya jika kalian mengetik "hewan pelihaaan" saja, keyword suggestion akan lebih banyak lagi.

Oke untuk keyword yang selanjutnya, saya lebih suka menggunakan "kwfinder". Kwfinder pun sebenarnya menampilkan keyword suggestion, hanya saja...

Pencarian dengan tool ini dibatasi hanya 3x/hari dan keyword suggestion pun dibatasi, oke tadi kita sudah mendapatkan keyword suggestion dari keywordtool.io, maka kita pilih salah satu.

Misalkan yang kita pilih adalah "hewan peliharaan lucu dan unik", lalu kita masukkan di tool kwfinder.

Catatan: Untuk mendapatkan 3x gratis pencarian/hari anda perlu login ke free member terlebih dahulu.

Oke kalau begitu langsung saja kita buka web kwfinder, lalu masukkan kata kunci yang tadi kita pilih.

Atur negara dan bahasanya, tapi jika kita mengetikkan bahasa indonesia, pasti yang keluar adalah dalam keyword bahasa indonesia juga.


Begitulah hasil untuk kata kunci "hewan peliharaan lucu dan unik" pencarian per bulan hanya 10, tetapi biasanya jumlah itu tidak sesuai dengan aslinya, yang kadang lebih banyak.

Tetapi saya rasa pencarian per bulan hanya 10, sangat tidak memuaskan, lebih baik gunakan yang lebih dari 100.

Tetapi karena kita menggunakan kwfinder, maka ada beberapa keyword suggestion yang berada di bawahnya, yang bisa menjadi incaran kalian.

Kenapa tidak langsung saja gunakan kwfinder?

Seperti yang saya jelaskan di atas untuk free member kalian hanya diberikan 3x penelusuran/hari, jadi kalian tidak boleh asal-asalan mencari kata kunci.

Menggunakan keyword tool.io, lebih ditekankan karena kalian bisa dapat gambaran untuk keyword yang sesuai dengan niche.

Karena kalian jika kesulitan menentukan keyword, gunakanlah keywordtool.io untuk menemukan keyword yang sesuai dengan niche.

Tetapi jika kalian memang memiliki dana untuk melakukan riset keyword, menggunakan kwfinder ataupun tool berbayar yang lain dari awal adalah pilihan yang tepat.

Selain mendapatkan volume pencarian, kita juga mendapatkan nilai CPC, yang dimana para blogger/web owner professional di luar sana sering mempertimbangkan CPC juga sebagai hal untuk menentukan keyword.

Sampai Disini kalian mengerti melakukan Riset Keyword dengan tool bukan?

Lalu apa angka 23 pada gambar di tool kwfinder tersebut?

Itu merupakan tingkat kesulitan pada keyword tersebut, yang dimana bernilai 23/100.

Cek Persaingan Keyword

    Persaingan keyword tidak akan bisa dilepaskan dari yang namanya riset keyword, kita kadang kali mengincar tingkat volume yang besar tapi tidak melihat tingkat persaingan nya.

Kita akan mengincar yang 0-30 saja, kenapa tidak lebih? karena kita harus mengetahui tingkat kekuatan dari blog kita juga.

Kenali Kemampuan Blog mu

Misalkan kita adalah blogger baru, blog baru itu sulit untuk bersaing apalagi sekarang ini tingkat persaingan sangat ketat, karena itu perlu menyesuaikan dengan kemampuan.

Jika kita mengincar yang terlalu tinggi, bisa saja hanya tenggelam dan tidak mendapatkan visitor sama sekali.

Karena itu penting membangun dari sesuatu yang kecil terlebih dahulu, baru mengincar sesuatu yang besar, rencana yang bagus bukan?

oke tadi kita mengecek keyword "hewan peliharaan lucu dan unik" karena terlalu kecil volume pencarian nya, bisa kita beralih ke yang bawah yaitu keyword "jual beli hewan"

keyword "jual beli hewan" memiliki volume pencarian yang lebih baik yaitu 880, oke mari kita cek persaingan nya dengan lebih detail.


ya kalian bisa lihat sendiri kan? tingkat persaingan 24 dan masih dikategorikan mudah, tetapi...

Jika kalian membuat artikel panjang berjudul "jual beli hewan" tentunya tidak akan bersaing, karena keyword "jual beli hewan" lebih kepada penjualan hewan melalui online.

Karena google sekarang sudah semakin pintar, maka google bisa menentukan mana yang relevan dan mana yang tidak dengan suatu kata kunci.

Ya tentunya yang di atas itu hanya contoh saja, saya hanya mencontohkan melakukan riset keyword bukan untuk menyarankan kalian menggunakan keyword tersebut.

Untuk lebih jelasnya ada gambar berupa rincian tentang tingkat persaingan keyword

Sumber : Dotcomonly.com
Bagaimana sudah dapat gambaran bukan tentang riset keyword dan cek persaingan keyword?  jadi pilihlah persaingan keyword yang memang sewajarnya disesuaikan kemampuan.

Untuk blogger pemula pilih yang dibawah 30 tingkat persaingan nya, dan cari volume pencarian di atas 500, lebih besar lebih bagus.

Tetapi jika kalian mau mengincar yang volume pencarian di bawah 100 pun tidak jadi masalah, apalagi jika persaingan nya di bawah 10, itu kategori yang sangat mudah menurut saya untuk masuk ke halaman pertama google.

Bagaimana dengan Long Tail Keyword?

Long tail keyword banyak diincar oleh blogger sekarang ini, ya memang menurut pendapat saya mengincar long tail adalah pilihan yang tepat.

Kenapa?

Karena long tail sering sekali terikat pada short tail keyword, mengerti apa maksud saya? oke saya berikan contoh

Short Tail Keyword:
  • Facebook
  • Iphone
  • Samsung
  • Youtube
Middle Tail Keyword:
  • Cara Daftar Facebook
  • Cara Menggunakan Internet
  • Jual Beli Online
Long Tail Keyword:
  • Cara Daftar Facebook dengan Mudah dan Cepat
  • Cara Menawar Barang yang Baik dan Benar

Long Tail Keywod "Cara Daftar Facebook dengan Mudah dan Cepat" pastinya mencakup cara daftar facebook bukan?.

ya karena itu opsi long tail keyword sering digunakan karena bisa mencakup kata kunci yang pendek sekali pun, dan juga...

Persaingan untuk long tail keyword ini seringnya lebih mudah daripada short tail keyword, karena alasan itu juga banyak blogger menggunakan long tail keyword sebagai keyword sasaran.

Untuk mengetahui cara riset keyword dan menggunakan long tail keyword secara detail tidak akan saya jelaskan disini, mungkin akan dijelaskan di postingan terpisah secara rinci.

Tetapi untuk melakukan riset keyword dan cek persaingan keyword saya rasa di postingan ini sudah cukup, jika untuk mengincar persaingan yang tidak sulit.


Membuat Artikel Berkualitas [Step 2]


Artikel merupakan sesuatu yang sangat sentral dalam sebuah blog dan membuat artikel adalah salah satu metode SEO On Page.

Karena itu membangun artikel yang baik sama dengan membangun SEO juga dan lebih tepatnya adalah SEO On Page.

SEO On Page yaitu metode SEO menitik beratkan pada kualitas suatu situs dari dalam, yang salah satunya adalah kualitas artikel.

Semakin bagus kualitas artikel, maka semakin bagus juga untuk SEO. Tetapi sebenarnya ada 3 artikel yang bagus untuk SEO dan cepat masuk halaman pertama google:

  • Artikel Viral/Trending
  • Artikel Unik
  • Artikel Berkualitas
Yang pertama adalah artikel viral, ya artikel ini adalah tentang berita-berita viral yang kejadian nya sedang terjadi pada saat itu juga.

Biasanya artikel viral pada waktunya sangat sering dicari di search engine, sehingga volumenya cukup besar dan bisa mendongkrak visitor blog.

Untuk mengetahui apa saja yang sedang trending bisa membuka google trends

Lalu yang kedua adalah artikel unik, artikel unik merupakan artikel yang berbeda dari yang lain, dan memiliki ke khasan tersendiri.

Seringnya artikel ini lebih kepada tutorial melakukan sesuatu dan kalian memiliki cara tersendiri yang lebih baik, maka buatlah artikel unik tersebut karena kemungkinan artikel kalian masuk halaman pertama sangat besar.

Artikel unik memang tidak semuanya masuk halaman pertama google, hanya artikel unik yang lebih baik atau yang lebih berkualitas lah yang memiliki kesempatan lebih besar.

Karena itu sebenarnya artikel unik harus memberikan sesuatu yang lebih baik dan lebih berkualitas dari artikel pesaing yang ada.

Karena membuat artikel unik memang cukup sulit, maka membuat artikel berkualitas adalah pilihan yang terbaik.

Artikel Berkualitas

  Inilah jalan terbaik bagi kalian yang ingin web nya tampil di halaman pertama google, kalian sudah melakukan riset dan cek persaingan keyword, maka buatlah artikel.

Artikel berkualitas itu artikel yang memang bagus dan bisa lebih bagus dari artikel kompetitor yang lain.

Bagaimana caranya lebih bagus dari artikel kompetitor?

Kalian harus cek juga artikel milik kompetitor, khususnya posisi tiga teratas di page one, kalian bisa pelajari dan harus bisa lebih baik dari artikel tersebut.

Ada beberapa referensi yang bisa kalian gunakan:
  • Website Bahasa Inggris
  • Seminar [Online/tidak]
  • Dari Website Kompetitor
Sebenarnya masih banyak lagi ya cara untuk mendapatkan referensi untuk membuat artikel berkualitas dan mungkin kalian bisa punya cara sendiri yang lebih baik.

Sebenarnya kita bisa memulai untuk melihat-lihat website kompetitor dan membuat isi yang lebih baik dari artikel di website tersebut.

Tetapi, alangkah lebih baiknya untuk berkungjung ke website bahasa inggris.

Kenapa Harus Website Bahasa Inggris?

Karena data yang ada di website bahasa inggris, dari yang saya dapatkan lebih lengkap, bahkan dilengkapi data-data penunjang seperti gambar, dll.

Karena itu, jika kalian bisa sedikit saja bahasa inggris, maka gunakanlah website bahasa inggris sebagai referensi, karena saya itu lebih lengkap.

Ada artikel saya yang menggunakan referensi dari website bahasa inggris, yaitu:


Tentunya website bahasa inggris yang dijadikan referensi, harus sesuai dengan topik artikel yang akan dibuat.

Oke, kalian sudah dapat menentukan bahan untuk membuat artikel berkualitas kan?, kita masuk ke cara membuatnya.

Saya tidak terlalu mengincar banyak poin penting, yang saya kedepankan adalah:

  • Enak Dibaca [Pengaturan paragraf, kata per baris, dll]
  • Tambahkan Gambar, Video, atau data penunjang lain [Jika ada]
  • Isi Harus Berbobot
  • Judul yang Menarik
Poin poin yang saya sebutkan di atas adalah poin yang bisa saling menunjang satu sama lain, yang berarti bisa dikerjakan tidak berurutan.

1. Enak Dibaca

         Enak dibaca itu relatif ya, tergantung juga para pembaca yang membaca tulisan kalian, dan itu tergantung kepada banyak hal seperti umur.

Untuk demografi permisa, kalian bisa mendapatkan nya melalui google analytics


Itu adalah demografi pemirsa untuk blog ini, dan sebenarnya saya tidak tahu sebelumnya, saya menulis dengan bahasa saya sendiri.

Yang penting bagi saya tulisan tersebut tidak "alay" dan juga menghindari bahasa yang terlalu baku, karena takutnya membuat jenuh para pembaca.

Jadi bagi kalian yang masih belum dapat gambaran demografi pengunjung yang jelas, usahakan memakai bahasa kalian yang wajar-wajar saja, tentunya tidak kasar, dan tidak juga kebanyakan humor.

Sedikit saran saja dari saya untuk membuat artikel enak dibaca:
  • Pilih font yang ramah/enak dibaca
  • Jangan Buat Kalimat bertumpuk/tidak ada paragraf
  • Penegasan Pada Kata/kalimat Penting

Untuk font yang enak dibaca, sebenarnya kalian juga tidak boleh tergantung pada pilihan kalian sendiri, karena apa yang anda sukai belum tentu orang lain suka.

Kalian bisa menggunakan polling dengan membuat polling melalui google form dan embed ke website kalian.

Lalu cari target poling di sosial media, forum, dll. Tetapi cara ini juga cukup memakan waktu, kalian bisa melihat poling yang dilakukan oleh website yang lain.

Seperti data dari web ilmu website, bisa kalian gunakan sebagai referensi juga.

Tetapi kembalikan juga kepada diri anda, apa menyukainya atau tidak, jika anda tidak menyukainya ya jangan dipakai, karena akan membuat malas juga membuat artikel.

Yang kedua Jangan Buat Kalimat Bertumpuk. kalimat bertumpuk yang saya maksud adalah, kalimat dimana dalam satu paragraf terdiri dari banyak kalimat.

Bahkan satu paragraf bisa memuat 10 baris, ini sulit untuk pembaca karena membuat jenuh, dan pastinya tidak akan dibaca.

Karena itu buatlah paling banyak 4 baris per paragraf, atau menyesuaikan saja yang enak dibaca oleh anda. Pastinya anda tau kan yang enak dan yang tidak? Sadarkan kalau bertumpuk seperti itu tidak enak dibaca?

Oke, saya rasa anda paham maksudnya, kalau begitu kita masuk ke yang ketiga yaitu penegasan kata/kalimat penting.

Saya sering menggunakan "bold' untuk kata-kata yang saya anggap penting, data menyebutkan bahwa 80% akan membaca kata/kalimat yang diberikan penegasan tersebut.

Karena itulah ini penting, untuk menjaga visitor tetap membaca artikel yang kita buat, sehingga ketika kata penting itu, memang dirasa cukup bermanfaat para pengunjung akan tetap melanjutkan isi artikel yang anda buat.

2. Tambahkan Gambar dan Video

      Ini adalah poin yang sangat penting, artikel tanpa gambar akan menjenuhkan para pembaca, karena itu gambar sangatlah penting dan berperan cukup sentral dalam sebuah konten.

Ada banyak manfaat dari gambar :
  • Gambar Lebih Mudah Untuk Dipelajari
  • Gambar Lebih Mudah Memberitahukan Sebuah Cerita
  • Gambar Lebih Sering Dilihat
Saya tidak akan menjelaskan satu-satu tentang hal di atas, tapi yang saya soroti adalah pernyataan "gambar lebih sering dilihat".

Ya bahkan saya sendiri ketika jenuh membaca tulisan, saya sering melihat gambarnya, nah poin ini harus dilakukan untuk para blogger.

Karena bisa saja ketika melihat gambar menarik, maka pengunjung yang awalnya tidak tertarik berbalik membaca artikel tersebut, tentunya artikel kita harus dibuat seberkualitas mungkin, agar pengunjung tidak kecewa setelah membacanya.

Untuk mendapat gambar gratis dan bebas hak cipta saya merekomendasikan kepada kalian untuk mencarinya di web populer seperti:
  • Freepik
  • Pixabay
  • Dreamstime
  • dll
Ataupun bisa baca artikel saya tentang situs penyedia gambar gratis, yaitu:


Bisa juga dengan mencari gambar bebas hak cipta yang ada di google, dan perlu sedikit cara untuk melakukan nya, dan untungnya saya telah membuat artikel tersebut, bisa dibaca di:


Selain gambar juga kalian bisa memasukkan video untuk memperjelas suatu materi, video sekarang ini sudah bisa menjadi bahan pembelajaran yang lebih atraktif.

Karena itu untuk video bisa embed melalui:

  • Youtube
  • Dailymotion
  • Vimeo
Atau bisa juga mencari video di website kompetitor dan memasukkan link embednya ke bahan artikel kita, mudah kan?

Oke kalau begitu kita masuk ke tahapan yang ketiga.

3. Isi Harus Berbobot
        
      Nah ini poin inti dari artikel berkualitas, semakin berbobot maka semakin tinggi kualitasnya, biasanya artikel seperti ini memiliki pembahasan yang cukup panjang.

Biasanya juga artikel seperti ini terdiri dari banyak kata, tetapi tetap nyambung dengan topik pembahasan, bukan ngalor ngidul kemana-mana.

Seperti apa artikel yang nongkrong di SERP?

Sumber : PanduanIM
 Lagi-lagi data menyebutkan bahwa artikel yang nongkrong di SERP itu, rata-rata memang di atas 2000 kata.

Biasanya artikel seperti itu memang menjelaskan secara detail tentang suatu hal, dan algoritma google saat ini memang mengedepankan kualias artikel.

"Artikel adalah raja" ya saya rasa memang cocok untuk menggambarkan keadaan saat ini.

Untuk mendapatkan referensi lengkap kalian bisa mengunjungi website berbahasa inggris, ataupun melalui website kompetitor yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Kenapa Ada Konten Singkat dan Gak Lengkap nongkrong di Page One?

Ya memang ada kasus seperti ini, ini bergantung pada banyak hal dan salah satunya juga "backlink" dan itu akan saya jelaskan di step terakhir.

Tetapi ada juga bukan tanpa backlink artikel ga lengkap tetap nongkrong di page one? ya itu sepenuhnya juga bergantung pada algoritma google.

Algoritma google itu dirahasiakan tetapi ada beberapa yang bisa memprediksi walaupun tidak 100% benar dan kebanyakan dari mereka melihat suatu kasus yang terjadi di lapangan.

Kasus mayoritas yang terjadi di lapangan mengatakan demikian, artikel berkualitas pasti masuk page one, karena itu kita cukup menjadi patokan pada hal itu saja.

Atau mungkin kalian bisa membuat artikel yang lebih berkualitas daripada artikel tidak lengkap tersebut, dan mencoba untuk "fighting posisi SERP" dengan artikel tersebut. Tidak ada salahnya bukan?.

4. Judul Yang Menarik

       Saya hanya akan menyesuaikan dengan apa yang saya buat, saya untuk judul sering menambahkan kata yang lebih lengkap.

Seperti Menambahkan Kata "Mudah" "Cepat" "Terbaik", dll. Dan juga saya sering menambahkan kata penambah seperti "[All in One]" agar pembaca merasa tertarik atau "[Top Quality]" seperti artikel saya berikut ini.

Sumber: SitusAtom

Ya begitulah tips saya untuk membuat judul yang menarik dan saya pun masih terkesan belajar untuk membuat judul yang menarik.

Yang perlu diingat judul yang menambahkan sesuatu yang "wah" harus sesuai dengan isi artikel, jangan membuat pembaca kecewa karena dampaknya sangat buruk.

Link Building [ Step 3]


 Ini adalah cara yang termasuk SEO, link building ada yang bersifat di dalam dan yang dari luar/backlink.

Yang dari dalam itu lebih menghubungkan postingan kita, ke postingan yang lain dalam hal rekomendasi.

Saya sering melakukan hal ini juga sebagai upaya link building untuk meningkatkan page view dan hal ini termasuk SEO On Page.

Yang akan kita bahas adalah Backlink dan termasuk SEO Of Page dan akan membahas cara mendapatkan backlink seperti apa yang saya lakukan.

Kalian pada tahap sebelumnya sudah membuat artikel berkualitas, maka step selanjutnya adalah mencari backlink.

saya akan jabarkan berdasarkan pengalaman saya saja dalam mencari backlink

1. Artikel Relevan

Backlink yang saya dapatkan yaitu artikel dengan topik serupa, seperti pada situs yang satu ini, yaitu Asymmetrical Life.

Disitu terpasang link blog saya, saya mendapatkan itu cukup mudah, karena pemilik blog itu adalah teman saya.

Jadi ini akan lebih mudah jika kalian memiliki partner blog, untuk mencari partner bisa kalian mencarinya di group jejaring sosial seperti:
  • Facebook
  • Google +
  • Twitter
Yang terpenting adalah relevan nya dengan topik di blog tersebut, karena akan lebih mudah untuk mendapatkan peluang klik yang lebih besar.

2. Submit Artikel Di Viva.co.id

Lalu yang kedua, adalah mencari situs yang memiliki ke populeran cukup tinggi, untuk mengecek nya bisa melihat DA dan PA suatu situs, melalui Moz.

Semakin baik DA PAnya maka semakin bagus, backlink yang saya dapatkan adalah backlink viva.co.id.

Bisa Di cek melalui link yang satu ini, saya mendapatkan backlink dari viva dengan cara submit artikel disana.

Karena itu juga, posisi artikel saya di SERP cukup naik secara signifikan, walaupun tetap membutuhkan waktu untuk proses naik tersebut.

Untuk Submit Artikel di Viva ada hal yang harus diperhatikan:
  • Jadi Member Viva
  • Artikel Harus Berkualitas
  • Embed iframe Viva [Optional]
Kirim saja artikel sekali sehari, artikel saya di publish sekitar 2-3 hari setelah pen submitan, jadi tidak instan juga.

Viva tidak memberikan notifikasi apapun ketika artikel kita disetujui, jadi setidaknya cek websitenya untuk melihat sudah di publish atau belum atau mungkin tidak.

Bisa saja artikel tersebut tidak dipublish karena belum sesuai dengan kriteria viva.co.id.

3. Menulis di Kompasiana
       

Ya saya juga menulis di kompasiana dan mendapatkan backlink dari sana, cukup mudah kok caranya:

  • Jadi Member Kompasiana
  • Tulis Artikel dan Publish
Jangan membuat artikel dari hasil kopas, karena pastinya akan dihapus oleh kompasiana, buatlah artikel rewrite dari blog kalian.

Juga ada jeda 1 jam untuk mempublish artikel yang lain, jadi tidak bisa langsung mempublish dua artikel sekaligus.

Untuk mendapatkan backlink, kalian bisa menyertakan link sumber di artikel kalian yang ada di kompasiana, ke blog kalian.

Ataupun menanam link di profil penulis, untuk melihat artikel saya yang ditanamkan backlink dari kompasiana bisa di cek disini.

Saya menanamkan backlik di profil penulis dan di dalam artikel tersebut alhasil backlink pun saya dapatkan.

Untuk bukti backlink bisa dilihat pada gambar di bawah ini


Ya setidak itu cara saya untuk mendongkrak halaman satu google, cukup mudah bukan? 

Jadi kesimpulan nya adalah, 3 cara backlink di atas saya lakukan agar web saya bisa tampil di halaman pertama google.

Kenapa Perlu Backlink Padahal Hanya Persaingan Keyword yang relatif mudah?

Ya memang dulu itu persaingan keyword yang relatif mudah, tidak memerlukan backlink, tetapi sekarang ini berbeda..

Kita harus menggunakan backlink untuk menerobos halaman pertama google, tidak peduli kata kunci dengan tingkat persaingan seperti apapun.

Backlink adalah suatu cara SEO yang sampai saat ini menjadi poin penting, tetapi membangun backlink di tempat yang salah bisa menjadikan suatu bencana.

Untuk selengkapnya tentang backlink akan saya jelaskan di postingan terpisah, tetapi yang jelas untuk mendongkrak halaman pertama google dalam persaingan yang relatif mudah, 3 cara diatas sudah sangat cukup.


Kesimpulan secara keseluruhan adalah 3 Step di atas saya lakukan untuk mendongkrak halaman pertama google, sehingga saya saat ini mendapatkan visitor organik dari google.

Untuk membangun backlink, pilihlah backlink yang berkualitas dengan melihat DA PA suatu situs, lalu jangan terlalu over dalam mendapatkan backlink.

2 komentar

Dulu saya kira artikel di atas 2000 kata itu terlalu panjang, tetapi ternyata dengan konten yang sekomprehensif itu banyak yang nangkring di page one. Intinya buat konten sebaik mungkin ya gan :)

Sebenarnya intinya seperti ini gan, konten itu harus dijelaskan sedetil mungkin tapi bukan basi-basi yang ga ada kaitan nya sama konten.

Jadi ketika kita menjabarkan suatu inti, tetap harus menggunakan suatu kalimat pendukung atau hal pendukung agar pengunjung lebih mengerti apa yang kita maksud.

Sehingga tidak terjadinya kesalahan penyampaian informasi :)


EmoticonEmoticon