Cara Mendapatkan Sitelink Blog/Website Di Search Engine Google - Situs Atom

Cara Mendapatkan Sitelink Blog/Website Di Search Engine Google

ADS
banner
Topik pembahasan kali ini adalah mengenai sitelink, yang pastinya para blogger sering mendengar-dengar tentang hal ini bukan?

Tentunya para blogger yang sudah mengetahui tentang sitelink ini pastinya ingin mendapatkan nya, karena terlihat lebih professional dan memudahkan pengunjung untuk menavigasi situs kita.

Tetapi sebelum kita bahas tentang cara mendapatkan nya, kita akan bahas dulu tentang apa pengertian sitelink.


Apa itu Sitelink?
      Sitelink merupakan link yang muncul di bawah link utama yang ada di search engine, yang bisa diibaratkan sebagai sub/bagian dari link utama tersebut.

ya jadi sitelink ini akan muncul tepat di bawah pada link utama blog kita, yang biasanya sitelink ini muncul tepat ketika kita mengetikkan nama website kita.

1. Link Utama
2. Sitelink

Sudah mengalami gambaran bukan tentang sitelink ini? tetapi yang perlu diketahui juga bahwa sitelink ini tidak dimiliki oleh setiap website/blog.

Apa Saja Web yang tidak mendapat Sitelink?

Website yang cenderung sedikit melakukan optimasi dan juga melanggar kebijakan google sehingga terkena deindex/penalti.

Ya salah satunya adalah web/blog yang melanggar kebijakan google tidak akan mendapatkan sitelink, karena akan dikenakan penalti.

Sehingga index yang ada pada google akan dihilangkan begitu pula dengan sitelink nya (jika sudah memiliki sitelink).

Tetapi sebenarnya untuk mendapatkan sitelink ini, prosesnya pun bisa dibilang tidak diketahui secara pasti.

Namun, ada beberapa cara yang bisa mempercepat blog/web mendapat sitelink, apa saja caranya? yuk simak!

1. Submit Sitemap
        Ya ini adalah salah satu cara yang bisa dibilang sangat penting, jika kalian ingin memiliki sitelink di google.

Dengan Submit sitemap kita search console, maka robot google akan lebih mudah untuk melakukan proses crawler dan penerjemahan.

Tidak hanya proses penerjemahan artikel yang dilakukan, tetapi penerjemahan terhadap web/blog kalian pun akan dilakukan.

Sehingga ketika robot google sudah "mengerti" blog sobat, maka sitelink akan muncul pada pencarian google dengan cepat.

Sebelum kalian melakukan submit sitemap, kalian harus memiliki akses admin terhadap situs kalian, untuk membuatnya bisa di cek artikel saya:
      

Untuk Submit Sitemap, bisa kalian ikuti cara di bawah ini:

  • Masuk Ke Search Console atau klik link ini
  • Pilih Situs Kalian
  • Masuk ke Tab > Crawl > Sitemaps
  • Pilih Add/Test Sitemaps
  • Tambahkan Sitemap.xml atau atom.xml, atau kedua-duanya juga boleh ditambahkan
  • Lakukan test terlebih dahulu untuk mengetahui berhasil atau tidaknya.
  • Atau Mungkin bisa langsung submit
  • Refresh Halaman
  • Selesai
Pending indexed biasanya akan memakan waktu 24 jam dan setelah itu akan nampak data bewarna oranye yaitu url indexed.


2. Adanya Artikel

       Artikel merupakan sarat penting untuk blog, bukan hanya untuk menarik pengunjung, tetapi untuk mendapatkan sitelink pun kita harus punya artikel.

Haruskah Sering Update Artikel?

 Tidak, sangat tidak harus sering update artikel, blog ini saja bisa dibilang cukup jarang untuk melakukan update artikel.

Dalam sebulan hanya terbilang 10 artikel yang dipublish, yang terpenting adalah adanya artikel yang bisa menjadi gambaran situs sobat.

Misalkan adanya beberapa artikel dengan niche blogging ataupun yang lain. sehingga robot google akan mengenali blog dan memberikan sitelink.

Tetapi artikel berkualitas adalah yang paling penting, kenapa? karena artikel berkualitas akan meningkatkan posisi blog di SERP.

Meningkatnya posisi di SERP, akan membuat semakin cepatnya blog diterjemahkan oleh crawler, sehingga sitelink akan diberikan lebih cepat.


3. Navigasi Situs

       Navigasi situs adalah salah satu faktor yang penting, ketika kita telah membuat artikel, maka berilah label.

Label akan memudahkan robot menerjemahkan situs, dan pasanglah sortir link menurut label tersebut di menu ataupun di tempat lain yang disukai.

Navigasi situs yang baik juga akan memudahkan pengunjung untuk menjelajahi blog/web, sehingga struktur web nya pun akan nampak lebih jelas daripada yang navigasi situsnya acak-acakan apalagi tidak ada.

Memilah lah berdasarkan label jika memang sesuai, atau mungkin jika kesulitan untuk memilah milah banyak postingan, cukup isi dengan satu niche.

Karena itu akan memudahkan kita dalam menyortir postingan-postingan yang ada di blog.


4. Brand Situs Harus Top One Google

      Nah ini juga syarat yang penting, karena dari apa yang saya tahu, sitelink ini akan muncul jika mengetikkan brand dari situs kita.

Sitelink juga hanya muncul pada top one results page, jadi kesimpulan nya kalian harus bisa menempatkan brand/nama situs di urutan paling atas yang ada di search engine google.

Misalkan kalian bisa cek situs ini memiliki nama "situs atom" dan akan muncul pada halaman pertama google di posisi paling atas.


Ya itu adalah sitelink yang dimiliki oleh blog ini dan tentunya brand blog ini sudah berada pada di urutaman pertama google, jika mengetikkan brand dari situs ini.



5. Bangun Internal Link

       Internal link merupakan link yang kita bangun di dalam blog itu sendiri, yang menghubungkan artikel yang satu dengan yang lain nya.

Ini bisa mempercepat proses mendapatkan sitelink karena google bot/crawler menemukan sebuah jalan untuk menerjemahkan artikel lain nya dari suatu artikel.

Hal ini tentunya jika artikel diterjemahkan lebih cepat, maka proses penerjemahan terhadap blogpun akan lebih cepat, sehingga sitelink pun akan didapatkan tentunya dengan lebih cepat.

Selain untuk mempercepat mendapatkan sitelink, internal link juga berfungsi sebagai SEO OnPage, seperti untuk membangun ke dalaman blog dan juga untuk meningkatkan pageview dari suatu blog.

Tentunya untuk meningkatkan pageview, internal link harus bersifat relevan sehingga klik terhadap link internal memiliki kesempatan yang lebih besar.

Untuk internal link nya sendiri, saya lebih sarankan untuk menggunakan yang manual, karena yang otomatis biasanya bersifat random, sehingga link internal terhadap suatu artikel tidak akan menentu.

Jika ingin belajar lebih tentang cara kerja crawling, indexing, ataupun cara kerja search engine itu sendiri, bisa dibaca di:



6. Backlink
   Salah satu metode SEO Off Page ini memang dibutuhkan untuk mempercepat proses penerjemahan suatu blog/website.

Backlink bisa memberikan banyak kemudahan, seperti mendatangkan visitor baru dari search engine, ataupun mendapatkan sitelink.

Karena backlink akan membuka jalan bagi google bot yang lain/ crawler-crawler yang lain untuk menerjemahkan suatu situs.

Semakin cepat diterjemahkan, maka semakin cepat juga mendapatkan sitelink. Tetapi adahal yang harus digaris bawahi.

Yaitu... backlink yang didapat harus dari blog yang populer dan memiliki reputasi positif di mata search engine.

Untuk meningkatkan visitor tidak hanya diperlukan backlink yang berkualitas, tetapi artikel yang berkualitas sangat dibutuhkan, karena itu adalah faktor yang paling penting.

Sitelink itu diberikan, ketika google bot sudah mengerti tentang situs kita, dan biasanya sitelink berupa salah satu artikel kita yang paling populer.

Artikel yang paling populer pastinya memiliki kedudukan yang bagus di search engine, sehingga mendatangkan visitor lebih banyak ketimbang artikel yang lain.

Tetapi sitelink tidak hanya menampilkan postigan terpopuler, melainkan menampilkan daftar isi, label, dll. yang sekiranya berguna untuk para pengunjung.


Sitelink sebenarnya didapat secara otomatis dan waktunya tidak tentu, untuk blog ini sendiri mendapatkan sitelink dalam kisaran 2 bulan, adapula blog lain yang lebih cepat.

Jadi sekiranya kalian bisa mempraktekan 6 hal di atas, maka bukan mustahil 2 bulan kalian akan mendapatkan sitelink, atau mungkin lebih cepat!


EmoticonEmoticon