Pemendek Link Goo.gl Bakal Ditutup? Ini Dia Penjelasan nya!

Ya saya rasa info ini sudah cukup lama diberitahukan oleh pihak google, tetapi belum saya beritakan melalui postingan di blog ini dan juga sudah cukup lama juga saya tidak posting dikarenakan kesibukan di dunia nyata.

Saya sendiri baru membaca tentang hal ini melalui url goo.gl dan bisa kita lihat sendiri ada notifikasi terpampang disana, atau bisa melihat melalui gambar di bawah ini
Notifikasi tersebut pada intinya bertuliskan bahwa pihak google akan berhenti mengembangkan pemendek goo.gl pada 30 Maret 2018 dan pada 13 Aprilnya hanya pengguna yang sudah ada atau sudah memakai pemendek goo.gl yang bisa menggunakan pemendek link tersebut.

Jadi pengguna yang belum menggunakan goo.gl pada tanggal 13 April atau setelahnya tidak akan bisa menggunakan pemendek goo.gl, dan untuk pengguna lama masih bisa menggunakan pemendek tersebut sampai 30 Maret 2019 tentunya mengakses fitur-fitur yang ada juga pun masih bisa sampai kira-kira setahun ke depan.

Lalu setelah 30 Maret 2019 apa yang akan terjadi?

Seperti yang dituliskan dinotifikasi tersebut, setelah tanggal 30 maret 2019 semua fitur akan ditutup dan kita tidak akan bisa mengakses goo.gl, untuk url yang sudah dikaitkan dengan pemendek link ini akan dibebaskan sehingga url goo.gl tidak akan terlihat dan langsung mengarah kepada url tujuan.

Apa Alasan Penutupan Goo.gl?

Jika kita melihat notifikasi tersebut memang tidak disebutkan apa alasan dari pihak google menutup pemendek link goo.gl, tetapi jika kita membuka link yang ada dalam notifikasi tersebut maka kita akan tahu jawaban nya.

Ya jawabanya adalah mereka akan memfokuskan kepada projek baru mereka yaitu Firebase Dynamic Link (FDL), FDL ini merupakan smart url yang mengarahkan langsung ke aplikasi yang ada di IOS, Android ataupun aplikasi web, mungkin contohnya seperti kalian yang tiba-tiba di arahkan oleh suatu link langsung ke dalam aplikasi playstore, seperti itulah kira-kira.

Jadi pada 30 Maret 2019 goo.gl ini akan dinonaktifkan dan url-url tersebut tidak akan dimigrasikan ke FDL, pihak google sendiripun menyarankan untuk kita menggunakan pemendek url yang lain seperti bit.ly.

Jika kalian yang ingin menggunakan FDL atau ingin lebih tahu tentang FDL bisa melalui link berikut https://firebase.google.com/products/dynamic-links/.

Jadi Pemendek Link Goo.gl yang sudah dibangun sejak tahun 2009 akan non aktif atau mati pada tahun 2019 dan terhitung genap 10 tahun, pemendek goo.gl juga bagi para blogger sudah sangat membantu dan menemani kegiatan blogger, lalu pada tahun depan akan sepenuhnya dimatikan tetapi jangan berkecil hati karena masih banyak pemendek link yang beroperasi malah ada juga yang bisa menghasilkan uang hehe, selengkapnya bisa dibaca di link di bawah ini.

Oke sekian tentang postingan kali ini, terimakasih telah membaca semoga bermanfaat :)
Pemendek Link Goo.gl Bakal Ditutup? Ini Dia Penjelasan nya! Pemendek Link Goo.gl Bakal Ditutup? Ini Dia Penjelasan nya! Reviewed by Isfan Fajar on 18:55:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.