Mengapa Postingan Blog Perlu Dibackup? Ini Alasannya!

Postingan merupakan hal yang utama bagi sebuah blogger dan lebih tepatnya menjadi jantung sebuah blog, tidak ada postingan maka tidak bisa disebut sebuah blog.

Postingan selain menjadi jantung sebuah blog, juga menjadi sebuah salah satu faktor utama penentu kesuksesan sebuah blog.

Postingan atau yang biasa kita sebut sebagai konten sangat menentukan kesuksesan blog, semakin bagus konten nya maka semakin berpeluang untuk sukses, asalkan tepat juga dalam melakukan promosi konten tersebut.

sebelum kita masuk kepada poin yang akan saya jabarkan tentang alasan penting kenapa harus melakukan backup pada postingan blog, saya akan membagikan artikel saya tentang bagaimana
caranya untuk melakukan backup tersebut dan bisa dicek pada link di bawah ini.


Jika kalian sudah membaca artikel yang saya rekomendasikan, pasti sangat mudah kan? ya memang sangat mudah dan tak memakan waktu banyak.

Karena itu backup lah postingan-postingan kita sedari sekarang, karena jika hal yang tidak diinginkan terjadi suatu saat nanti pada blog kita, kita masih memiliki backup postingan yang isi artikelnya pasti akan sama percis seperti apa yang kita tulis.

Jadi ga perlu pusing-pusing nulis dari awal kan, jika sudah punya backupan? nah karena hal itulah saya sangat merekomendasikan kalian untuk melakukan backup terhadap postingan blog.

Lalu kita akan masuk kepada inti dari postingan kali ini tentang manfaat atau alasan penting kenapa harus backup postingan blog, alasan nya adalah...

Mudah Melakukan Recovery

Ketika postingan atau konten-konten kita mengalami hal yang tidak diharapkan atau misalkan terhapus kita bisa melakukan recovery dengan cara mengupload data yang sudah kita jadikan backup tersebut, sehingga tidak perlu khawatir terhadap hal yang seperti ini.

Recovery bukan saja karena postingan yang terhapus, bisa juga dikarenakan blog kita yang dihapus oleh blogger karena alasan tertentu ataupun jika kita ingin memindahkan hosting menjadi hosting berbayar atau yang semacamnya.

Recovery ini tentunya akan memudahkan kita sehingga tidak perlu menulis ulang pos dari awal karena data yang yang didownload akan langsung menjadi postingan kita selesai diupload.

Jadi Recovery post biasa dilakukan karena ada beberapa kendala, seperti:
  • Postingan Blog ada yang terhapus entah itu satu atau lebih atau mungkin semuanya
  • Blog dihapus atau terhapus
  • Berpindah hosting dari blogger menuju hosting lain
  • Faktor yang lain seperti web hacking, dll.


1.
Postingan Terhapus


Untuk Postingan blog yang sudah terhapus kita bisa dengan mudahnya melakukan upload kembali data backup yang sudah di download dan postingan yang terhapus tersebut akan muncul kembali.

Tetapi perlu berhati-hati juga menggunakan fitur ini karena bisa saja postingan kalian malah menjadi double sehingga kalian harus menghapusnya kembali satu persatu-satu.

Untuk postingan yang hilang hanya satu kalian bisa melakukan backup secara berkala dengan sebelumnya menyimpan ketikkan kalian di aplikasi seperti ms word atau yang semacamnya, sehingga jika terhapus dapat melakukan posting ulang dan masalah pun selesai.

Terkecuali postingan blog kalian terhapus semua kalian bisa mengupload kembali data backupnya sehingga konten blog bisa dipulihkan kembali.

2.
Blog Dihapus


Jika kasusnya blog dihapus entah itu oleh kita ataupun oleh pihak blogger maka kita perlu membuat blog baru dengan url yang berbeda, tetapi karena kita memiliki data backup maka kita akan mudah melakukan recovery pada postingan.

Sehingga postingan yang ada pada blog sebelumnya bisa kembali dipulihkan dan digunakan untuk blog baru, sehingga tidak perlu memulai dari awal kembali yang pastinya akan memakan waktu bergantung pada jumlah postingan sebelumnya.

3.
perpindahan hosting


Berpindah hosting dari blogger ke hosting lain pasti memiliki dampak dan biasanya jika kita tidak mengetahui apa-apa tentang mengganti hosting ini, kita akan memulai semuanya dari nol.

Biasanya kita harus melakukan recovery untuk postingan yang sebelumnya kita taruh di hosting blogger dan selanjutnya kita upload pada hosting baru tersebut.

Bagi sebagian orang yang memang baru pertama kali pasti akan kebingungan apalagi jika tidak memiliki mentor yang sudah paham tentang dunia blogger dan hanya memanfaatkan informasi yang ada di internet.

Untuk menyelamatkan konten-konten kita yang sudah diletakkan di hosting blogger maka kita perlu melakukan backup, karena itu saya sarankan untuk melakukan backup secara berkala entah itu seminggu sekali ataupun sehabis menerbitkan postingan.

4.
faktor lain (web hacking, dll)


Untuk faktor ini mungkin saja terjadi tetapi saya sendiri belum pernah mengalaminya, tetapi semisalkan web kita terkena hack atau yang semacamnya kita tidak perlu terlalu mengkhawatirkan postingan di dalamnya karena sudah memiliki backupan nya.

Web hacking sendiri dari pengalaman saya jarang sekali menyerang konten, seringnya menyerang homepage dari web saja sehingga tidak berpengaruh kepada postingan.

Tetapi tetap jangan remehkan hack seperti ini karena bisa saja suatu saat kita malah menjadi korban nya dan karena lupa melakukan backup, konten kita malah tidak bisa dipulihkan.

Untuk beberapa hosting sendiri biasanya ada yang menawarkan jasa backup secara berkala sehingga kita tidak perlu terlalu khawatir jika suatu saat data hilang, karena sudah dilakukan backup oleh penyedia hosting.


Jadi sudah cukup jelaskan mengapa backup itu penting? saya sendiri menyarankan untuk melakukan backup setiap postingan baru diterbitkan dan meletakan data backup tersebut di folder terpisah agar mudah ditemukan.

Sampai sini sudah cukup jelas bukan? jika melakukan backup itu sangat penting untuk banyak hal dan juga untuk mengantisipasi terjadinya Trouble pada waktu mendatang.

Sumber Gambar

Mengapa Postingan Blog Perlu Dibackup? Ini Alasannya! Mengapa Postingan Blog Perlu Dibackup? Ini Alasannya! Reviewed by Isfan Fajar on 18:44:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.